8 Bandara Di Dunia Dengan “City Tour” Gratis Untuk Turis

KOMPAS.com – Beberapa kota di dunia punya bandara yang sangat nyaman untuk transit. Selain itu, beberapa bandara juga punya city tour yang bisa diikuti wisatawan saat transit dengan waktu yang cukup lama. 

City tour ini digelar secara gratis untuk memperkenalkan beberapa destinasi wisata di kota tersebut. Mengutip Conde Nast Traveler, Minggu (30/10/2016), berikut delapan bandara di dunia yang punya city tour gratis.

1. Taiwan Taoyuan International Airport

Jika transit minimal delapan jam di Taipei, Taiwan, Anda bisa mengikuti salah satu dari dua city tour gratis yang menjadi fasilitas Taiwan Taoyuan International Airport.

Tour A akan mengantar Anda ke Zushih Temple, sekitar 22 Km dari pusat kota. Sementara Tour  B akan mengantar Anda mengunjungi beberapa spot wisata ikonik di Kota Taipei. Termasuk Chiang Kai-shek Memorial Hall dan Taipei 101.

KOMPAS/RAKARYAN SUKARJAPUTRA Inilah sumber air panas yang dimanfaatkan untuk disalurkan ke ke kolam-kolam pemandian air panas di distrik Beitou, Taipei, Taiwan. Danau air panas yang tidak pernah kering itu, menjadi atraksi wisata tersendiri di Taipei.

Caranya: daftarkan diri Anda di Tourist Service Centre di Main Arrival Hall. Ada dua jadwal tur yakni pukul 08.15 dan 13.45 waktu setempat. 

2. Singapore Changi Airport, Singapura

Tak heran Singapore Changi Airport didapuk sebagai bandara terbaik di dunia. Terlepas dari fasilitas seperti indoor garden dan video gaming room, bandara ini juga punya city tour gratis untuk wisatawan transit. 

Anda bisa mengikuti city tour ini jika punya waktu transit lebih dari enam jam. Ada dua jenis tur yang tersedia yakni City Sights dan Heritage Tour. 

City Sights akan membawa Anda mengunjungi beberapa tempat ikonik seperti Merlion, Gardens by the Bay. Sementara Heritage Tour fokus mengeksplorasi kawasan kaya budaya seperti Little India dan Kampong Glam.

Caranya: Sebelum keluar imigrasi, bertolaklah ke Transfer Lounge F di Terminal 2 atau Transfer Lounge A di Terminal 3. Kedua tur ini tersedia empat kali dalam sehari.

3. Salt Lake City International Airport, AS

Sebagai hub besar untuk penerbangan di AS, bandara di Salt Lake City selalu penuh wisatawan transit. Bagi wisatawan yang transit lebih dari dua jam, terdapat tur gratis ke Temple Square di pusat kota.

Selain Temple Square, ada pula city tour gratis ke Church of Jesus Christ of Latter-Day Saints dan Utah Museum of Contemporary Art. 

Caranya: datangi Information Desk dan mintalah brosur untuk city tour. Anda akan diberitahu lokasi naik bus hop on hop off dari bandara. 

4. Istanbul Ataturk Airport, Turki 

Sebagai kota perbatasan antara Eropa dan Asia, Istanbul didatangi banyak wisatawan termasuk mereka yang transit. Ataturk Airport juga merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia. 

Jika punya lebih dari enam jam waktu transit, Anda bisa ikut program “touristanbul” yang akan mengantar Anda ke beberapa bangunan ikonik. Mulai dari Blue Mosque, Hippodrome Square, dan Topkapi Palace. 

KOMPAS/BUDI SUWARNA Sebuah kapal wisata melintas di Selat Bosphorus dengan latar belakang bangunanbangunan yang tumbuh di bukit, Jumat (9/9/2016) sore. Pemandangan cantik seperti itu dengan leluasa bisa dinikmati turis di kawasan Bebek, Istanbul, Turki.

Caranya: begitu sampai, carilah Hotel Desk di International Arrivals Hall (persis di sebelah Starbucks). Anda bisa mendaftar dan memilih jadwal. Ada lima jadwal “touristanbul” dalam satu hari. 

5. Narita International Airport, Tokyo

Wisatawan yang transit di Narita Airport, Tokyo bisa memilih city tour dengan dua opsi yakni sightseeing dan shopping. Jika memilih sightseeing, Anda akan dibawa ke kawasan Tako atau Shibayama. Namun Anda juga shopping ke salah satu dari dua mal yang bisa diakses naik train dari bandara.

Caranya: Begitu sampai, carilah Narita Transit Program Counter di Terminal 1F di Central Building.

6. Incheon International Airport, Seoul

Mayoritas bandara di dunia menggelar city tour gratis untuk wisatawan yang transit dalam waktu lama. Namun, lain halnya dengan Incheon Airport di Kota Seoul yang membolehkan turis mendapatkan city tour dengan waktu transit hanya satu jam.

KOMPAS/MUKHAMAD KURNIAWAN Pengunjung menyesaki kawasan belanja Myeongdong di Seoul, Korea Selatan, Minggu (28/8/2016). Selain penganan tradisional yang dijajakan pedagang kaki lima, toko-tokok di kawasan ini menawarkan aneka produk kosmetik.

Anda bisa memilih jenis city tour mulai dari satu hingga lima jam. Anda akan diajak mengeksplorasi Kota Seoul, lengkap dengan pemandu wisata. 

Caranya: bertolaklah ke Information Desk di antara Gate 25 dan 29, atau desk “Hana Tour” di Gate 8.

7. Amsterdam Airport Schiphol, Belanda 

Jika Anda penumpang KLM dan memiliki waktu transit minimal enam jam di Amsterdam, cobalah program “layover with a local”. Isilah kuisioner singkat tentang jenis wisata yang Anda sukai (kuliner, sejarah, kota, dll). Pihak KLM kemudian akan memertemukan Anda dengan warga Belanda yang fasih berbahasa Inggris.

MADE AGUS WARDANA Wisata air di kanal Amsterdam. Kanal-kanal ini begitu terawat dan menjadi obyek wisata.

Dialah yang akan menjadi pemandu selama Anda mengeksplorasi Kota Amsterdam. Pihak KLM juga akan memberikan tiket bus gratis menuju pusat kota, dan membayar bon minuman saat Anda bertemu dengan orang tersebut di pusat Kota Amsterdam 

Caranya: saat booking tiket KLM dengan waktu transit minimal enam jam di Amsterdam, Anda otomatis akan mendapatkan email untuk sign up program “layover with a local”.

8. Hamad International Airport, Qatar

Jika menggunakan jasa Qatar Airways dan memiliki waktu transit minimal enam jam di Doha, Anda akan mendapatkan Free Tours of Doha. Anda akan dibawa mengunjungi beberapa tempat ikonik seperti Museum of Islamic Art, The Souk Watif, juga Katara Cultural Village.

Tur tersebut juga dilengkapi complimentary visa, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengurus visa saat kembali tiba di bandara. Anda juga akan dibekali sebotol air mineral, karena jangan lupa, Anda sedang berada di tengah gurun pasir. 

Caranya: carilah desk Doha City Tour di Concourse B, dekat toko Montblanc.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/30/150700227/8.bandara.di.dunia.dengan.city.tour.gratis.untuk.turis

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>