9 Fakta Yang Belum Anda Tahu Tentang “Spaghetti Bolognese”

KOMPAS.com – Spaghetti bolognese adalah salah satu hidangan pasta favorit di dunia. Padahal, Anda tak akan menemukan spaghetti bolognese di negara asalnya.

Banyak hal tentang spaghetti bolognese yang mungkin Anda belum tahu. Situs Lonely Planet mengutip sembilan fakta tentang makanan populer ini.

(Baca juga: Resep Asli Saus Bolognese Ternyata Tanpa Rempah Khas Italia)

1. Tidak disajikan dengan spaghetti

Ragu alla Bolognese, begitu nama saus daging dan tomat yang jadi sajian khas Italia. Ragu alla Bolognese biasa disajikan dengan tagliatelle, sejenis pasta mirip fettucine.

THINKSTOCK Tagliatelle, salah satu varian pasta ala Italia.

Tagliatelle adalah pasta yang berasal dari wilayah Emilia-Romagna dan Marche. Pasta ini berbentuk pita pipih yang mirip dengan fettuccine, dengan lebar sekitar 6,5 mm-10 mm. 

2. Orang Italia tidak menyebutnya ‘Bolognese’

Saat mengunjungi kota asal saus bolognese yakni Bologna, jenis hidangan yang paling dekat dengan spaghetti bolognese adalah tagliatelle al ragu. Pesanlah menu tersebut saat mampir ke restoran setempat.

3. Punya sejarah panjang

Tagliatelle al ragu memiliki sejarah yang merunut dari abad ke-18. Resep ini pertama ditulis pada buku La Scienza in Cucina e l’arte di Mangiare Bene (The Science of Cooking and the Art of Fine Dining).

Penulis buku tersebut, Pellegrino Artusi juga menggunakan beberapa bahan seperti truffle, hati ayam, dan krim.

4. Bologna atau Imola? 

Meski bolognese terkenal berasal dari Kota Bologna, sebetulnya saus ini berasal dari kota mungil di sebelahnya. Imola, begitu nama kota yang terletak di sebelah barat Bologna.

5. Mengandung dua jenis daging

Resep asli ragu alla bolognese tak hanya menggunakan satu jenis daging yakni sapi. Orang asli Italia pasti menambahkan pancetta alias daging babi asap untuk menghasilkan aroma dan rasa yang lebih kaya.

6. Bukan hanya tomat

Meski tomat menjadi bahan dasar ragu alla bolognese, sajian ini sebenarnya mengandung banyak jenis sayuran. Resep aslinya juga menggunakan bawang bombay, wortel, dan seledri yang dicacah halus.

THINKSTOCK Ragu alla Bolognese

7. Tidak menggunakan bumbu

Racikan ragu alla bolognese yang asli tidak menggunakan bumbu seperti bawang putih maupun rempah seperti oregano atau basil. Garam sudah cukup untuk memberi cita rasa sajian ini.

(Baca juga: Jangan Nekat Pesan Spaghetti Bolognese Saat di Italia)

8. Anggur merah atau putih

Resep asli ragu alla bolognese juga menggunakan anggur putih sebagai campurannya. Meski begitu, lebih banyak restoran di Italia yang menambahkan anggur merah dalam semangkuk ragu alla bolognese

9. Parmigiano Reggiano

Mayoritas orang Indonesia hanya mengenal parmesan sebagai keju taburan untuk saus bolognese. Padahal, jenis keju yang paling cocok untuk sajian ini adalah Parmigiano Raggiano yang berasal dari Italia.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/11/12/153449227/9.fakta.yang.belum.anda.tahu.tentang.spaghetti.bolognese.

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>