Aturan Pajak Baru Sesuai Emisi, Bagaimana Nasib Mobil Tua?

Jakarta, KompasOtomotif – Pemerintah berencana mereduksi polusi udara, yang dihasilkan kendaraan bermotor, melalui skema pajak baru sesuai emisi. Namun kebijakan ini paling mungkin dibebankan kepada kendaraan baru, lantas bagaimana mobil tua?

I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) mengatakan, kondisi tersebut sudah masuk dalam kerangka pertimbangan. Namun, tidak bisa begitu saja mobil lama dihilangkan, atau dibatasi secara menyeluruh operasinya.

“Kita tidak begitu saja menyingkirkan mobil lama atau berusia tua. Namun kita mungkin saja membatasi pengoperasiannya, untuk beberapa wilayah di Indonesia,” ujar Putu saat dijumpai di sela-sela diskusi E-Mobility Future of Automotive Industry di Jakarta, Senin (14/11/2016).

Putu melanjutkan, mobil lama kemungkinan akan bisa dibatasi seperti di Ibu Kota Jakarta, atau wilayah yang sering kali dikunjungi oleh turis, dalam negeri maupun luar negeri. Daerah tersebut seperti Bali maupun Yogyakarta.

“Di daerah-daerah tersebut kita bisa membatasi usia dari kendaraan yang beroperasi. Kalau di Singapura, pembatasan usia mobil 10 tahun, tapi kalau di Indonesia sekarang, mobil 50 tahun juga masih digunakan,” ujar Putu.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/11/14/180500315/aturan.pajak.baru.sesuai.emisi.bagaimana.nasib.mobil.tua.

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>