Bagaimana Cara Yang Benar Makan Sushi?

KOMPAS.com – Bisa jadi selama ini Anda makan sushi dengan cara yang salah. Dalam sebuah video yang menampilkan koki sushi profesional, ada beberapa aturan saat makan sushi.

Naomichi Yasuda, pemilik Sushi Bar Yasuda di Tokyo, Jepang, mengajarkan cara makan sushi yang sebenarnya. Seperti dikutip dari Rocketnews24.com, menurut Yasuda, segala sesuatunya harus sempurna dan detail.

Ia mengungkapkan nasi, bukan ikan, merupakan bagian paling penting dari sushi. Sementara topping hingga rumput laut, isian, bahkan suhu harus diperhatikan untuk membuat sushi yang sempurna.

(Baca juga: Wasabi yang Anda Makan Selama Ini Mungkin Bukan Asli)

Sehingga, cara memakan sushi pun menjadi penting untuk menyempurnakan keseluruhan pengalaman makan sushi tersebut. Berikut beberapa kesalahan cara makan sushi yang kerap dilakukan orang asing dan juga sebagian orang Jepang.

Sumpit
Anda sebaiknya makan sushi roll dengan tangan bukan dengan sumpit.

Wasabi
Wasabi asli adalah tanaman khas Jepang. Namun, sebagian besar wasabi yang dipakai, terutama di luar Jepang, merupakan campuran horseradish, mustard, dan pewarna makanan.

Jahe
Jahe dimakan di akhir. Jadi, jangan taruh shoyu (kecap khas Jepang) di jahe. Jangan pula memakannnya bersamaan dengan sushi.

Shoyu
Kebiasaan orang makan sushi dengan mencelupkannya ke shoyu. Sebaiknya, cukup cocol salah satu sisi sushi ke shoyu. Untuk sushi roll (makizushi) cukup cocol sedikit ujung sushi ke shoyu.
Sementara sushi jenis nigirizushi (nasi dengan topping), gunakan sumpit untuk mengambil sushi. Lalu balik sushi dan celup sisi ikan ke shoyu, bukan sisi nasinya.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/11/07/201200427/bagaimana.cara.yang.benar.makan.sushi.

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>