Berponsel Saat Berkendara Semakin Parah Di Vietnam

Hanoi, KompasOtomotif – Pemerintah Vietnam semakin khawatir akan perilaku pengendara sepeda motor dan mobil, yang semakin banyak. Kondisi ini diperparah saat game “Pokemon Go” menjamur di negeri tersebut.

Pada awal tahun ini, Pemerintah mulai bertindak dengan melakukan pemantauan terhadap para pengendara. Ada sekitar 500 kamera yang dipasang di persimpangan jalan, untuk mengidentifikasi dan menindak pengemudi nakal, yang bermain ponsel saat berkendara.

Mengutip Nikkei, Selasa (15/11/2016), meningkatkan upaya untuk mereduksi perilaku tersebut, pemerintah lantas menerbitkan denda baru pada Agustus 2016 lalu, dengan maksimum dengan yang naik dua kali lipat, menjadi 200.000 dong, atau Rp 117.000-an.

Di Vietnam, tercatat sekitar 8.700 orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas tahun lalu. Angka ini sudah mengalami  penurunan sekitar 3,6  dari 2014, tapi ini masih relatif tinggi dibandingkan dengan negara-negara seperti Jepang.

Demi mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, pada Desember  2015, asosiasi keselamatan lalu lintas publik milik swasta pertama, mulai didirikan di Hanoi. Kemudian pada Februari 2016, Komite Keselamatan Lalu Lintas Nasional milik pemerintah, mulai berkampanye di media sosial Facebook.

Keduanya bertujuan untuk mencari opini publik, tentang bagaimana meningkatkan keselamatan lalu lintas dan mengurangi kecelakaan di Vietnam.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/11/15/150100715/berponsel.saat.berkendara.semakin.parah.di.vietnam

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>