Carlos Ghosn Mulai Pimpin Mitsubishi

Tokyo, KompasOtomotif – Pembelian 34 persen saham Mitsubishi Motors oleh Nissan, membawa tantangan baru baru seorang Carlos Ghosn. Pria berusia 62 tahun ini, sudah bisa dikatakan sebagai pimpinan perusahaan (khususnya otomotif roda empat) tersibuk di dunia, mengutip Nikkei, Kamis (20/10/2016).

Sudah menjadi Chief Executive Officer (CEO) di dua perusahaan Nissan Motor dan Renault, kali ini dirinya harus memikul beban baru, yaitu membawa Mitsubishi yang sedang dalam posisi terpuruk. Melalui sentuhan tanga dinginnya, diharapkan Mitsubishi bisa bangkit seperti semula.

Ghosn memiliki keyakinan kuat atau keputusannya berinvestasi di Mitsubishi. Alasannnya karena merek berlambang tiga berlian ini memiliki cengkeraman yang cukup kuat di Asia Tenggara, punya kemampuan baik di teknlogi mobil kecil, dan mesin plug-in hibrida. Lebih dari itu, Ghosh juga menaruh kepercayaan kepada Presiden Mitsubishi, Osamu Masuko.

Kehadiran Ghosn di Mitsubishi sebagai salah satu chairman (ketua) membuat saham Mitsubishi meningkat 11 persen menjadi 536 yen atau Rp 67.262 per lembar saham. Kenaikan ini merupakan yang tertinggi sejak 24 Juni 2016 lalu.

Dalam skema kerjasama ini, Nissan akan mengirimkan 11 direkturnya ke Mitsubishi di mana Ghosn menjadi salah satunya. Namun, pihak Nissan masih meminta Osamu Masuko, tetap menjadi presiden Mitsubishi.

Sampai saat ini masih belum ditetapkan, sampai sejauh mana Nissan akan trlibat dalam operasional bisnis Mitsubishi.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/10/20/162730415/carlos.ghosn.mulai.pimpin.mitsubishi.

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>