Cuma Satu Merek Yang Boleh Jual Diesel Di AS

Washington, KompasOtomotif – Amerika Serikat (AS) seperti trauma pada mesin diesel setelah skandal Volkswagen terungkap. Sepanjang tahun ini, satu-satunya merek yang diizinkan agen pemerintahan AS, Environmental Protection Agency (EPA), menjual model diesel edisi 2017 hanya Jaguar.

Satu merek lainnya yang dapat lampu hijau yakni BMW, namun baru dilakukan pada akhir tahun. BMW menunda produksi mobil diesel 2017 sedan seri 3, serta crossover X3 dan X5 karena cara baru pengetesan oleh EPA dan California Air Resources, Diesel Seri 3 dan X3 rencananya tersedia pada akhir tahun sedangkan X5 datang pada Januari.

Sejak Oktober, EPA mengetatkan uji emisi mobil bermesin diesel karena ulah Volkswagen. Agar tidak ada pabrikan yang mencoba curang, dalam pernyataan resmi EPA cuma menjelaskan pengetesan dilakukan lebih lama dengan cara yang tidak bisa ditebak.

“Memang benar kendaraan diesel mendapatkan pengawasan ekstra dan proses sertifikasi lebih panjang dari normal. Secara keseluruhan, produsen sudah bekerja sama dengan baik pada tambahan tes ini dan telah menyesuaikan waktu mereka dengan durasi tes tambahan,” jelas juru bicara EPA Nick Conger seperti diberitakan Automotive News, Senin (24/10/2016).

Tahun lalu ada sembilan merek yang menjual mobil diesel, termasuk dari Audi, Porsche, dan Volkswagen yang kemudian ketiganya dilarang. Pada tahun ini banyak model diesel 2017 tertunda penjualannya karena metode pengujian yang baru. Selain BMW X5 di antaranya ada Chevrolet Colorado dan Mercedes GLS350d. 

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/10/25/082200115/cuma.satu.merek.yang.boleh.jual.diesel.di.as

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>