Dibuai Pesona Alam Yang Asri, Mampirlah Ke Kuningan

KUNINGAN, KOMPAS.com – Melintasi Kota Kuningan, Jawa Barat, jangan terburu-buru! Cobalah mampir dan nikmati aneka wisata alam yang jadi keunggulan kota kecil disamping Cirebon ini. Alamnya yang asri membuatnya tak kalah indah dengan dataran tinggi Jawa Barat lainnya.

Berikut KompasTravel rangkum beberapa wisata Alam yang jangan Anda lewatkan jika berkunjung ke Kuningan.

1. Ikan Dewa Sumur Tujuh Cibulan

Salah satu yang unik di wisata alam Kuningan ialah hidupnya ikan ikonik yang hanya ada di kota ini, yaitu Kanra Bodas (Labeobarbus doumensis) atau akrab disebut Ikan Dewa.

Salah satu tempat favorit di Kuningan untuk menikmati keunikan ikan tersebut ialah di Kawasan Wisata Cibulan.

Kolam ikan Dewa ini berada di Cibulan, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana. Cukup mudah untuk Anda menuju ke sana, karena dapat diakses dari jalur utama Cirebon-Kuningan.

Selain melihat ikan dewa, pengunjung juga dapat menikmati bentang alamnya yang menyejukkan, juga berenang bersama dan terapi ikan dewa.

Ervan Hardoko/Kompas.com Di Cibulan terdapat tujuh mata air yang diyakini warga setempat memiliki berbagai khasiat mulai dari memperlancar rezeki hingga memuluskan karier.

Konon ikan-ikan ini dibawa oleh murid Walisongo saat datang ke Cibulan. Para murid pun meninggalkan 7 sumur yang mereka gunakan untuk berwudhu pada saat itu.

Posisi tujuh sumur itu mengelilingi petilasan yang diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai bekas bersemedi Prabu Siliwangi.

2. Sangkanurip Alami

Jika Anda lelah di perjalanan, cobalah mampir ke pemandian air panas yang satu ini. Keunggulan pemandian air panas Sangkanhurip Alami ialah mengandung yodium yang menyehatkan dan pastinya menyegarkan.

Wisatawan dapat berendam dalam air hangat di ruangan khusus atau kolam terbuka. Selain pemandian air hangatnya, di sini anak-anak juga dapat berenang dan berseluncur di kolam yang dilengkapi luncuran naga dan permainan lainnya.

Pemandian ini berlokasi di Jalan Pemandian Air Panas Sangkanhurip, No. 210, Sangkanhurip, Cigandamekar, Kuningan, Jawa Barat. Jika Anda berkeinginan untuk ke sana, lokasinya yang strategis membuat tak perlu berpikir panjang.

Selain itu wisatawan tak perlu repot-repot untuk mencari hotel ataupun kios-kios makanan. Karena hotel-hotel mulai dari harga menengah hingga kalangan atas pun berjajar dekat di daerah desa Sangkanhurip ini.

SENDY ADITYA SAPUTRA Taman Purbakala Cipari di Kuningan, Jawa Barat.

3. Taman Purbakala Cipari

Selain spot wisata menarik, Kuningan juga menyimpan sebuah cerita dari zaman purbakala. Lintasan kehidupan manusia prasejarah di zaman megalitikum bisa kita kunjungi sebagai tempat wisata menarik serta bahan edukasi yang mendidik.

Taman bercorak megalitikum yang terletak di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, merupakan salah satu tempat ditemukannya peninggalan kebudayaan prasejarah di Kabupaten Kuningan.

Dengan luas 6.364 meter persegi, ditemukan tiga peti kubur batu yang di dalamnya terdapat bekal kubur berupa kapak batu, gelang batu, dan gerabah.

Di sini juga kita bisa melihat tanah lapang berbentuk lingkaran dengan diameter enam meter dengan dibatasi susunan batu sirap. Batu Temu Gelang, di mana dahulu dipercaya sebagai lokasi upacara dalam hubungan dengan arwah nenek moyang serta berfungsi sebagai tempat musyawarah.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Pengunjung Curug Putri, TNGC saat akhir pekan

4. Gunung Ciremai dengan Curug Putrinya

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Palutungan bisa menjadi alternatif. Suasananya masih asri dan cuaca yang sejuk akan menjadi tempat menghabiskan akhir pekan yang menyenangkan.

Nah, jika ingin berkunjung ke Taman Nasional Gunung Ciremai bukan untuk mendaki gunung, Anda bisa menikmati wisata alam di Palutungan.

Menikmati segarnya Air Terjun Putri yang terdapat di kawasan ini merupakan hal yang menarik untuk dicoba. Bersama keluarga, teman ataupun kerabat dekat berenang bermain sejuknya air nan jernih alami.

Dengan tinggi 12 meter lebih Anda akan merasakan sensasi tersendiri saat menikmati sejuknya air terjun ini. Anda dapat menikmatinya dengan cara berendam ataupun berenang di Curug Putri.

SENDY ADITYA SAPUTRA Gedung Perundingan Linggarjati di Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

5. Taman Wisata Alam Linggarjati

Selain memiliki nilai sejarah di Gedung Perundingannya, Desa Linggarjati, Kuningan juga memiliki daya tarik lain dari wisata alamnya. Ialah Taman Wisata Alam Linggarjati yang berlokasi dekat dengan gedung perundingannya Desa Linggarjati, Keamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

Wisatawan dapat bersantai menikmati keindahan panorama kaki Gunung Ciremai di sini. Selain itu ada banyak kolam untuk berenang, bermain, hingga memancing.

Tak perlu risau dengan fasilitasnya, karena obyek wisata ini memiliki berbagai fasilitas seperti penginapan bertema alam, restoran hingga tempat bermain anak-anak.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/11/05/130500627/dibuai.pesona.alam.yang.asri.mampirlah.ke.kuningan.

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>