Harga Murah, Begini Hasil Uji Tabrak Renault Kwid

London, KompasOtomotif – Renault Kwid memang menggoda dengan harga cukup mengejutkan. Tidak masuk skema LCGC saja, compact crossover aroma Perancis buatan India itu bisa dijual tak sampai Rp 120 juta di Indonesia. Namun tentu saja, jangan pasang ekspektasi terlalu tinggi.

Kwid menjadi salah satu mobil yang beberapa kali dites tingkat keamanannya dalam uji tabrak (crash test) oleh Global NCAP. Ujian pertama dilalui dengan hasil buruk, di mana mobil ini sama sekali tak mendapatkan bintang.

Lalu, ujian kedua dilakukan belum lama ini, dimana Renault memberikan satu kantung udara untuk pengemudi. Tipe ini sama persis dengan apa yang akan didapatkan para pemakainya di Indonesia.

Hasilnya naik sedikit, Kwid mendapat masing-masing satu bintang untuk penumpang dewasa dan anak-anak. Setidaknya, hasil ini sedikit lebih baik dari Datsun Go.

captured via Youtube Hasil uji tabrak untuk renault Kwid.

Tapi perlu dicatat, hasil satu bintang bukan berarti kabin Kwid tak bisa melindungi penumpangnya. Masih ada sabuk pengaman tiga titik yang juga bisa jadi pelindung, agar penumpang tak terbentur bagian-bagian kabin.

Menurut David Ward, Sekjen Global NCAP dikutip dari siturs resminya, Kwid bisa tambah bintang lagi jika minimal terdapat dua kantung udara dan dilengkapi fitur keamanan lainnya.

Di India, Kwid tipe tertinggi sudah mendapat tambahan sistem rem ABS. Sayang, di Indonesia, fitur ini tak juga disertakan.

Kendati demikian, tetap ada kelebihan yang bisa didapat konsumen dengan harga itu, mulai keunggulan sistem hiburan dan gengsi merek Eropa yang melekat kuat.

Berikut ini adalah video tes tabrak Renault Kwid Global NCAP:

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/10/19/172400415/harga.murah.begini.hasil.uji.tabrak.renault.kwid

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>