Honda Jazz Turbo, Sabar!

Jakarta, KompasOtomotif – Honda Fit/ Jazz 1.000 cc turbo yang sudah diperkenalkan Honda di Jepang tidak akan serta-merta dibawa ke Indonesia. PT Honda Prospect Motor (HPM) memandang model ini tak akan punya benefit langsung jika dipasarkan.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy, (29/10/2016), mengatakan bahwa belum ada studi untuk mendatangkan Jazz 1.000 cc turbo. Harganya sudah pasti akan jauh lebih tinggi, dan konsumen di segmen ini tak akan banyak menyerapnya.

”Beda dengan Civic, kalau dulu kena pajak barang mewah 40 persen, sekarang 1.500 cc turbo, pajak turun jadi 20 persen. Tenaga naik, konsumsi BBM turun, pajak juga turun. Jadi ada benefitnya, spesifikasi lebih baik harga bersaing. Beda dengan Jazz,” ujar Jonfis.

Jonfis juga mengatakan bahwa jika mobil 1.000 cc, akan sama pajaknya dengan 1.500 cc, yakni 10 persen. Inilah yang sedang dipelajari oleh HPM. Saat tidak banyak benefit yang diperoleh konsumen, kemungkinan besar Jazz 1.000 cc turbo tak akan meluncur.

”Kecuali, pemerintah ubah peraturan dari sisi gas buang, konsumsi bahan bakar, seperti di negara maju. Kalau seperti itu, bisa dipertimbangkan lagi. Untuk saat ini belum,” ucap Jonfis.

Memang, Jonfis juga mengakui bahwa penggunaan mesin turbo akan meningkatkan kadar fun mengendarai mobil. Namun harga akan menjulang, tak seperti kelasnya Civic, saat dinaikkan di atas Rp 400 juta karena mesin turbo, konsumen masih bisa menyerapnya.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/10/31/100200615/honda.jazz.turbo.sabar.

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>