Honda Mulai Berani “Bertaruh” Di China

Guangzhou, KompasOtomotif  – Produsen mobil Honda Motor, persiapkan pembangunan pabrik perakitan baru di pedalaman Cina. Fasilitas baru ini diharapkan bakal mulai beroperasi antara kuartal kedua dan ketiga di 2019. Honda nampaknya sudah mulai bertaruh dalam investasi jangka menengah dan panjang di pasar mobil terbesar di dunia.

Konstruksi akan silakuka secepatnya tahun ini di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Investasi diperkirakan mencapai puluhan miliar yen. Pabrik ini akan menambah kapasitas produksi mobilnya sekitar 20 persen, untuk penjualan lokal di China, mengutip Nikkei, Selasa (18/10/2016).

Sebelumnya, Honda sempat membatalkan rencana pembangunan pabrik ini, lantaran banyak perusahaan Jepang merampingkan operasi saat pasar saham sedang jatuh, di mana konsidi ekonomi melambat. Sekarang, melihat pasar yang perlahan memulih, Honda siap untuk memperluas kapasitas lagi.

Pabrik baru ini akan menghasilkan 120.000 unit per tahun, dan secara bertahap akan ditingkatkan menjadi 240.000 unit sesuai dengan permintaan. Kapasitas tahunan Honda di China saat ini, tidak termasuk ekspor, naik dari 1,08 juta unit menjadi 1,3 juta unit. Ekspansi di China semakin memperjelas langkah Honda untuk memperkuat pasarnya.

Di China penjualan mobil baru naik 13 persen sepanjang periode Januari-September dibanding tahun lalu, menjadi 19,36 juta unit. Ini salah satunya karena keringanan pajak yang diberikan sejak Oktober 2015, dan secara efektif mempermurah harga sebesar 1.000 dolar Amerika atau Rp 13 juta, untuk mobil berkapasitas mesin 1.6L.

Honda juga sudah merasa percaya diri, pasalnya penjualannya melonjak 26 persen selama periode Januari-September 2016 dibanding tahun lalu, di mana khusus di September lonjakannya mencapai 47 persen. Ini dibantu oleh harga kompetitif produk baru, termasuk small sport utility vehicle (SUV).

Sampai saat ini Honda sudah memiliki tiga pabrik perakitan mobil di Guangzhou dan dua di Wuhan, di mana semuanya merupakan usaha patungan. Terkait fasilitas baru, tinggal menunggu persetujuan pemerintah untuk mulai di kerjakan, dan Dongfeng Motor Group menjadi patner lokal Honda untuk proyek ini.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/10/18/142200915/honda.mulai.berani.bertaruh.di.china

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>