Ini Bejak Enjak, Jajanan Pasar Khas Lampung

BANDARLAMPUNG, KOMPAS. com – Festival jajanan pasar, ibu-ibu semangat membuat kue khas Lampung Bejak Enjak. Jajanan ini terbuat dari bahan baku beras ketan, pisang raja yang sudah tua, santan dan gula.

Lampung Pesisir dan Lampung Pepadun mengenal makanan tersebut. Biasanya disajikan saat acara keluarga atau acara adat lainnya. Kue ini dikenal rasanya yang manis dan gurih, cocok disajikan pada pagi hari dengan didampingi secangkir teh atau kopi hangat.

Tetapi, makanan ini punya nama yang berbeda. Seperti di Kabupaten Lampung Selatan mereka menyebutnya Bebai Makhing.

(BACA: Wisata Lampung Tak Hanya Way Kambas dan Teluk Kiluan)

Chef Yeni Ismayani menjelaskan kue Benjak Enjak memiliki kandungan tinggi kalori serta terdapat kalium dan juga zat besi. “Makanan ini baik untuk semua usia karena mudah dicerna dan tinggi serat, ” kata Yeni di Bandarlampung, Rabu (26/10/2016).

Yeni memaparkan, kue ini kalau di Jawa Barat mirip seperti lemper atau wajik. “Semua daerah memiliki kemiripan namun komposisinya sedikit berbeda dan tentu punya nama yang beda juga,” ujarnya.

Festival jajanan khas daerah Lampung itu diselenggarakan dalam rangka melestarikan budaya Lampung. Kue tersebut sering hadir di tengah masyarakat asli Lampug namun tidak begitu familiar.

Perwakilan Gulaku, Fiter Cahyono mengatakan rangkaian kegiatan jajanan manis Gulaku salah satunya demo masak makanan tradisional.

“Dengan adanya lomba demo masak membuat kue jajanan khas Lampung, masyarakat semakin mengenal kuliner Lampung yang dapat dipromosikan lebih luas di mancanegara,” kata Cahyono.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/27/063100827/ini.bejak.enjak.jajanan.pasar.khas.lampung

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>