Isuzu Sambut Positif Pembatasan Muatan Barang

Jakarta, KompasOtomotif – Perilaku para pemilik truk atau angkutan barang, yang muatannya melebihi kapasitas menjadi sorotan pemerintah. Pasalnya, kondisi ini membuat infrastruktur jalan menjadi cepat rusak.

Menanggapi hal tersebut, Ernando Demily, Vice President Director Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, kalau pengetatan aturan pembatasan muatan, merupakan inisiatif yang sangat positif. Kembali lagi, ini terkait dengan biaya besar yang terus dikeluarkan pemerintah untuk memperbaiki jalan rusak.

“Kami berbicara dari sisi makronya, di mana kita tahu semua, berapa besar biaya perbaikan jalan hari ini. Kalau dulu leluconnya yaitu, Pantura perbaikan sepanjang masa. Salah satu faktor besarnya, fungsi jembatan timbang yang tidak dijalankan secara konsisten,” ujar Ernando di Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Baca juga : Truk Bermuatan Lebih Sebabkan Umur Jalan Berkurang

Ernando menambahkan, jika aturan pembatasan tonase djalankan dengan benar, maka anggaran yang seharusnya untuk memperbaiki jalan, bisa dialokasikan untuk membangun infrastruktur lain seperti penambahan volume jalan.

“Truk di Indonesia itu pemakaiannya luar biasa, kalau bisa 10 ton kenapa tidak 11 ton, kalau bisa 11 ton mengapa tidak 12 ton, begitu seterusnya. Jadi jika tonase di beri batas, dan dijalakan sesuai aturan, saya pikir imbasnya akan sangat positif,” ujar Ernando.

Baca juga : Kelebihan Muatan, Ratusan Truk Pasir Kena Tilang dalam Satu Jam

Menguntungkan Produsen

Melalui aturan itu, kata Ernando, para produsen kondaraan komersial akan memiliki produk yang common (umum), yang tidak hanya bisa dijual di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Jadi peluang terbuka untuk ekspor.

“Kemudian keuntungan lain, dengan pembatasan tonase, akan membangkitakn demand truk, karena kebutuhan menjadi lebih tinggi. Dengan demikian, kami sebagai produsen di Indonesia harusnya bisa mendapatkan manfaat yang sama,” ujar Ernando.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/11/11/074200915/isuzu.sambut.positif.pembatasan.muatan.barang

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>