Kragilan Top Selfie, Ini Pulau Nami-nya Indonesia…

MAGELANG, KOMPAS.com – Anda penggemar drama Korea Winter Sonata? Daya tarik dari drama tersebut antara lain keindahan barisan pohon yang berjajar di kanan kiri jalanan Pulau Nami sebagai lokasi shooting.

Kini, Anda tak perlu jauh-jauh datang ke Korea untuk merasakan suasana seperti itu. Kabupaten Magelang mempunyai destinasi wisata baru yang tengah ramai diperbincangkan.

Namanya, Kragilan Top Selfie. Nah, Kragilan Top Selfie ini hampir serupa dengan hutan yang ada di Pulau Nami Korea.

Pohon pinus tumbuh merapat di tepian sepanjang jalan Desa Kragilan. Batang-batang pohon menjulang tinggi memayungi langit di hutan tersebut.

(BACA: Berangan-angan di Hutan Pinus Mangunan)

Dahan-dahan pepohonan saling bergesekan membentuk lorong yang membelah jalanan. Keindahan yang tercipta inilah yang mendorong masyarakat berbondong-bondong selfie di kawasan hutan pinus ini.

Pengunjung silih berganti mengabadikan keindahan hutan pinus Kragilan Top Selfie. Mereka menanti giliran masing-masing untuk mendapatkan spot selfie terbaik.

Spot selfie yang diminati biasanya di turunan jalan yang memisahkan pohon yang tumbuh di kanan dan kiri.

Taufik Anas, seorang pengunjung, mengatakan, rela datang jauh-jauh dari Semarang demi menuntaskan rasa ingin tahunya tentang hutan pinus Kragilan Top Selfie.

“Saya tahu dari instagram. Penasaran karena kelihatannya unik dan teduh,” katanya.

(BACA: Ini Lagi Populer di Medsos, Hutan Pinus Dlingo…)

Anas yang berangkat bersama pacarnya, Diah Kusumaningrum, mengaku baru pertama kali berkunjung ke Kragilan Top Selfie.

Ia menyayangkan kedatangannya di waktu yang kurang tepat karena hujan mengguyur. Namun, itu tak menyurutkannya bersama pasangan untuk berfoto selfie dengan kamera ponsel.

Sekitar bulan Mei 2015 hutan ini disulap menjadi obyek wisata. Pengelola dari pihak desa menyediakan fasilitas tambahan bagi pengunjung.

Wahana yang bisa dijajal pengunjung adalah ayunan, rumah pohon, jembatan cinta, dan flying fox. Pengunjung juga dapat merasakan sensasi berayun dan tiduran di hammock yang digantungkan di antara pepohonan pinus Kragilan Top Selfie.

TRIBUN JATENG/SHELA KUSUMANINGTYAS Kragilan Top Selfie di Magelang, Jawa Tengah. Kragilan Top Selfie ini disebut-sebut hampir serupa dengan hutan yang ada di Pulau Nami, Korea.

Ada pula fasilitas umum penunjang seperti toilet dan musala. Pengunjung juga tak perlu khawatir kelaparan dan kehausan, ada warung tenda yang didirikan warga.

Harga tiket yang harus dibayarkan pengunjung sebesar Rp 3.000 per motor dan Rp 10.000 per mobil.

Fuad, warga yang bertugas menjaga Kragilan Top Selfie mengungkapkan, hutan pinus Kragilan akhirnya dibuka untuk obyek wisata karena melihat banyaknya animo masyarakat yang datang untuk selfie.

“Nama Kragilan Top Selfie diambil juga karena kebanyakan orang datang untuk selfie-selfie,” ujarnya.

Akhir pekan menjadi puncak ramainya pengunjung yang datang. Kata Fuad, pengunjung yang datang hampir mencapai 1.000 orang.

“Ada pula pengunjung yang datang untuk menyewa tenda atau melakukan sesi pemotretan prewedding,” tuturnya.

Jangan sampai melewatkan hutan pinus Kragilan Top Selfie saat mampir ke Kabupaten Magelang.

Pengunjung yang datang dari arah Magelang bisa menempuh rute lampu merah Blabak lalu belok kanan menuju arah Kopeng. Ikuti saja jalan sampai menemui gapura hijau bertuliskan “Welcome to Top Selfie”. (Tribun Jateng/Shela Kusumaningtyas)

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/11/17/191200427/kragilan.top.selfie.ini.pulau.nami-nya.indonesia.

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>