Nokia D1C Ternyata Bukan Ponsel Android?

KOMPAS.com – Kemunculan perangkat mobile Nokia dengan kode nama D1C terendus dari hasil pengujian Geekbench pada awal Oktober ini. Kala itu, D1C diduga sebagai ponsel Android dengan kinerja menengah.

Kini, asumsi itu berkembang berdasarkan hasil pengujikan spesifikasi di GFX Bench. Pengetesannya memperlihatkan bahwa D1C merupakan perangkat dengan layar 13,8 inci beresolusi 1080p.

Jika benar, maka D1C agaknya bukan ponsel melainkan perangkat tablet, sebagaimana dilaporkan GSMArena dan dihimpun KompasTekno, Senin (17/10/2016).

Baca: Nokia D1C, Ponsel Android Nougat dengan RAM 3 GB?

GFX Bench memperlihatkan bocoran spesifikasi yang sama dengan Geekbench, namun lebih lengkap. “Otak” perangkat itu tetap dikatakan mengusung prosesor Snapdragon 430 dengan kecepatan 1,4 GHz dan 8 otak pemrosesan.

GFX Bench Bocoran spesifikasi Nokia D1C dari GFX Bench

Selain itu ada juga GPU Adreno 505, RAM berkapasitas 3GB, dan memori internal yang dirasa cukup dengan besaran 16GB.

Informasi baru adalah soal spesifikasi kamera yang disebut mengandalkan sensor 16 megapiksel di belakang dan 8 megapiksel di depan. Sistem operasinya sendiri, sesuai dengan bocoran pertama, sudah menggunakan Android 7.0 “Nougat” teranyar.

Diketahui, sejak 2013, lisensi ponsel Nokia dibeli Microsoft sehingga produk-produk yang dikeluarkan tak lagi berada di bawah bendera Nokia. Per 2016 lalu, Nokia dipinang Foxconn.

Hal itu mengindikasikan ponsel dengan merek Nokia akan kembali hadir.

D1C digadang-gadang sebagai debut kembalinya perangkat mobile Nokia. Dari bocoran GFX Bench, sepertinya Nokia ingin memulai produk pertamanya pasca lepas dari Microsoft dengan menghadirkan sebuah tablet, bukan smartphone.

Baca: Ponsel Nokia Dipastikan Hadir Akhir Tahun Ini

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/10/17/09540127/nokia.d1c.ternyata.bukan.ponsel.android.

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>