Nostalgia Legenda Honda NSX Generasi Pertama

Jakarta, KompasOtomotif – Sebelum generasi kedua muncul menjadi hibrida, generasi pertama NSX pernah melegenda sebagai ikon mobil sport 2-pintu Honda. Unitnya semakin langka di era modern karena produksi terakhirnya dilakukan pada 2005.

KompasOtomotif beruntung bisa menemukannya langsung di salah satu lokasi jantung Honda, di Suzuka, Jepang.Bukan hanya satu NSX, tetapi tiga unit sekaligus yaitu NXS, NSX Type R, dan NSX Type S Modulo.

Febri Ardani/KompasOtomotif Honda NSX generasi pertama versi facelift 2002

Ketiganya ditemui di lahan parkir kawasan latihan safety driving Honda di sirkuit Suzuka. Nongkrong di mana pun rasanya NSX langsung bisa dikenali, siluet bodi datar dan melebar plus profil ceper jadi ciri khas yang gampang dikenali mata.

Ketiga unit ini memang bukan versi orisinil, lampu depan Xenon HID pengganti tipe pop-up jadi penanda model facelift terakhir yang lahir mulai 2002. Meski begitu bukan berarti kehilangan nostalgia, inilah versi perbaikan dari desain awal yang dikatakan menantang Ferrari 348.

Febri Ardani/KompasOtomotif Honda NSX generasi pertama versi facelift 2002 dengan lampu xenon HID.

NSX merupakan model pertama Honda yang memakai konfigurasi mesin tengah dan penggerak roda belakang. Tenaga pada ketiga mobil itu didapat dari mesin V6 3.2L bertenaga setidaknya 280 tk dan 298 Nm.

Febri Ardani/KompasOtomotif Honda NSX generasi pertama versi facelift 2002, Type S Modulo.

Dari depan mungkin sulit membedakan tipe ketiganya, namun bisa dikenali dari bentuk sayap yang membentang di belakang. Type S menggunakan material serat karbon. 

Lihat foto-foto lengkapnya di tautan ini.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/10/31/110200315/nostalgia.legenda.honda.nsx.generasi.pertama

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>