Sisi Lain Lahirnya Honda X-ADV

Milan, KompasOtomotif – Honda X-ADV bisa dibilang sepeda motor yang di luar kebiasaan. Selain konsep modelnya belum pernah ditemui pada merek mana pun, sekuter petualang dengan transmisi kopling ganda itu lahir dari ide liar para desainer.

Daniele Lucchesi dan Maurizio Carbonara, dua konseptor X-ADV, yang merupakan para pria Italia, mempresentasikan bagaimana motor ini lahir dari sebuah mimpi kecil. Prosesnya juga cukup rumit, memakan waktu berbulan-bulan hingga akhirnya tercipta konsep yang diinginkan.

”Kami menyewa rumah di kawasan Italia bagian Utara. Kami berusaha keras mencari ide di sana, lalu muncul beberapa persepsi yang akhirnya kami gabun-gabungkan,” kata Lucchesi, dalam acara pra EICMA, di Palazzo Campari, Viale Antonio Gramsi, Milan (7/11/2016).

Dari benak mereka, muncul bayangan bahwa motor baru ini harus mengadopsi keinginan generasi muda akan sebuh motor dengan konsep adventure yang nyaman dan praktis digunakan. Karena konsepnya sebagai motor adventure, motor juga harus bertenaga besar.

Dari sana, ada dua sketsa yang mengarahkan pada dua konsep, yakni MC Direction dan SUV Direction. ”Kami lalu menggabungkan keduanya untuk mendapatkan keuntungan dari masing-masing konsep, dan hasilnya seperti ini,” kata Lucchesi.

Kompas/Riza Fathoni (RZF) Dua desainer Honda X-Adv Daniel Luchessi (kanan) dan Maurizio Carbonara berbicara pada jumpa pers peluncuran sejumlah motor baru pabrikan Jepang tersebut di Milan, Italia, Senin (7/11/2016).

Hasil sketsa lalu coba diwujudkan dengan clay di pusat pengembangan motor Honda di Italia. Setelah itu, desain dan clay itu dikirim ke markas Honda di Jepang untuk kembali disempurnakan.

Mimpi para desainer itu pun menjadi nyata. Honda memutuskan untuk segera memproduksi X-ADV sebagai varian yang berada di ranah luar kebiasaan.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/11/08/200100815/sisi.lain.lahirnya.honda.x-adv

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>