Somba Opu, Ikon Tua Yang Berkilau

BERJALAN di sepanjang satu kilometer Jalan Somba Opu di pusat Kota Makassar, Sulawesi Selatan, adalah menyusuri kilau emas. Di sepanjang sisi kiri-kanan jalan selebar enam meter ini adalah deretan pertokoan tua yang sebagian besar menjual emas.

Sebenarnya ada banyak toko dan kawasan penjualan emas di Makassar. Di Somba Opu sendiri, banyak juga toko peralatan musik dan olahraga ataupun kerajinan. Namun, ikon emas nyatanya telanjur menjadi milik Somba Opu.

Bahkan jika orang-orang mengenal Makassar sebagai salah satu tempat berbelanja emas terbaik di Nusantara, itu karena Jalan Somba Opu.

Kamis (10/11/2016), kawasan kecil nan padat ini tampak kian sesak. Separuh badan jalan dipenuhi deretan mobil yang terparkir. Kendaraan yang melintas harus bergerak lamban menggunakan separuh badan jalan yang tersisa.

Trotoar sempit yang menyatu dengan bagian depan toko-toko dipenuhi hilir mudik orang yang berbelanja. Di trotoar ini pula, pembeli emas atau yang disebut pattimbang berjajar memasang meja kecil dengan seperangkat alat timbangan, siap membeli emas.

Adapun toko-toko emas berbentuk ruko umumnya berukuran lebar 3 meter dengan panjang 10 meter, berlantai dua hingga empat. Etalase kaca berisi beragam perhiasan emas umumnya di lantai satu. Begitu sesaknya kawasan ini dan kecilnya ruko, setiap etalase hanya berjarak 1-2 meter dari pintu masuk.

Kadar emas

Telah lama, Somba Opu jadi tempat membeli emas bagi warga Makassar atau Sulawesi Selatan. Sebagian besar pelancong ataupun orang yang sekadar transit atau melakukan pertemuan di Makassar juga akan membeli emas sebagai oleh-oleh. Bahkan, pelancong dari mancanegara pun kerap pulang membawa emas.

”Saya sudah lama mendengar tentang emas Makassar. Kualitas emasnya bagus, kadarnya juga tepat dan desainnya lumayan,” kata Melati Dini Hari, warga Surabaya yang membeli beberapa buah gelang dan cincin saat mengikuti pertemuan nasional dokter anak di Makassar, beberapa waktu lalu.

Kadar emas memang menjadi salah satu keunggulan dari perhiasan emas yang dijual di Somba Opu. Umumnya emas yang dijual adalah emas 916. Sebagian menyebut dengan emas 88 dan 87,5 persen.

Secara umum, emas yang dijual di Somba Opu adalah 22-23 karat. Kejujuran dalam kadar atau karat emas di pertokoan ini juga menjadi alasan mengapa orang berburu emas di Somba Opu.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/11/17/170300127/somba.opu.ikon.tua.yang.berkilau

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>