Teknologi Canggih UD Trucks Buat “Jaga” Pengemudi

 Jakarta, KompasOtomotif  – Merek mobil komersial (truk) asal jepang, UD Trucks hadirkan sistem komuniasi nirkabel berteknologi tinggi untuk produknya, disebut UD Telematics Services. Inovasi terbaru ini dianggap bisa memberikan keuntungan bagi konsumennya, yang kebanyakan adalah pebisnis.

Theo Wibisono, Head of Product Management UD Trucks mengatakan, dengan menggunakan teknologi ini, pemilik kendaraaan bisa secara real time, mengetahui secara detail kondisi unitnya. Mulai dari lokasi, cara berkendara sampai informasi bahan bahan bakar. Teknologi ini terkoneksi langsung ke komponen ECU (Electronic Control Unit) truk.

“Telematics itu kita bisa tahu posisi driver, atau juga misalnya ketika pengemudi tidak ekonomis mengendarai truk. Itu semua bisa diketahui melalui sistem ini, yang terkoneksi langsung satelit dan ECU mobil, dan laporannya saat itu juga (terkini),” ujar Theo kepada KompasOtomotif,  Rabu (9/11/2016).

UD Trucks UD Trucks Telematics.

Theo melanjutkan, pemantauannya juga mudah, bisa dari kantor atau rumah, dengan membuka portal khusus (website) dari perangkat pribadi. Dari situ bisa dilacak, berapa persentase kondisi idling pada kendaraan, di posisi berjalan atau bahkan terkait pencurian bahan bakar, yang pastinya bisa merugikan pemilik truk atau pebisnis, karena biaya pengeluaran bahan bakar yang bertambah.

“Seperti jika ternyata idlingnya dilaporkan memiliki persentase besar, bisa dikatakan mobil diam namun dengan mesin menyala, di mana ini akan boros bahan bakar, atau juga ketika ada yang melakukan pencurian bahan bakar, 10 liter atau 20 liter misalnya, bisa terdeteksi,” ujar Theo.

Melalui informasi yang akurat dan terkini pebisnis atau pemilik armada UD Trucks bisa meningkatkan produktivitas driver, memantau armada dan juga pengemudinya, mengurangi pekerjaan administratif, serta mengendalikan biaya bahan bakar.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/11/09/182522115/teknologi.canggih.ud.trucks.buat.jaga.pengemudi

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>