Teknologi Masa Depan Toyota Disematkan Pada Bus

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah berhasil mengaplikasikan pada mobil penumpang (Mirai), Toyota Motor akan merintis penjualan bus berbahan bakar hidrogen (hydrogen fuel cell) pada tahun 2017. Ini akan semakin memperluas penawaran Toyota akan kendaraan ramah lingkungan.

Jika nantinya sudah ada di pasaran, bus ini diperkirakan akan dibanderol sekitar 100 juta yen, atau Rp 12, 5 miliar. Sebagian dari harga tersebut akan mendapat subsidi (menjadi lebih murah) oleh Kementerian Transportasi, di mana dianggap sebagai sebuah inisiatif untuk mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan di seluruh Jepang, mengutip Nikkei, Senin (24/10/2016).

Dua unit bus sudah siap dijual untuk Biro Perhubungan Tokyo dan mulai beroperasi Maret 2017. Toyota sendiri menargetkan bisa memasok 100 unit lebih bus fuel cell ini pada 2020 atau bertepatan dengan ajang olahraga dunia, Olimpiade di Tokyo, sekaligus mempersiapkan kapasitas produksi.

Teknologi mesin mobil ini akan berbagi dengan mobil Toyota Mirai sebagai mobil berbahan bakar hidrogen pertama yang diproduki massal. Bus akan sanggup menempuh jarak lebih dari 200 km.

Produsen mobil Jepang sudah menjadi pemimpin global dalam penjualan mobil fuel cell.  Secara teknis sederhananya, bahan bakar sel ini, menghasilkan listrik melalui reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen. Toyota memiliki tujuan untuk terus mengembangkan teknologi terdepan, untuk menghasilkan generasi terbaru dari kendaraan ramah lingkungan.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/10/25/084200715/teknologi.masa.depan.toyota.disematkan.pada.bus

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>