Tips Dapat Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan Akhir Tahun

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski akhir tahun masih dalam hitungan bulan, tak ada salahnya menyiapkan itinerary perjalanan dan booking tiket pesawat dari sekarang.

Namun, jelang akhir tahun, biasanya harga tiket pesawat mulai relatif mahal. Bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat yang relatif murah untuk liburan akhir tahun?

Chief Communication Officer & Co-Founder Tiket.com Gaery Undarsa berbagi beberapa tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

Beli tiket pesawat pergi-pulang

Jika Anda ingin pergi liburan ke luar negeri, Gaery mengatakan lebih baik langsung memesan tiket pesawat pergi dan pulang. Maskapai penerbangan biasanya akan memberikan harga yang lebih murah dibandingkan membeli tiket pesawat sekali jalan.

Beli pada waktu shoulder season

Selain istilah high season dan low season, ada satu istilah lagi untuk menentukan musim liburan. Istilah itu adalah shoulder season.

Menurut Gaery, shoulder season adalah musim yang berada di antara high season dan low season. Biasanya shoulder season berkisar sebelum tanggal 20 Desember dan relatif lebih murah.

“Sebelum 20 Desember itu bisa lebih murah tiket pesawatnya, tapi setiap maskapai biasanya beda,” kata Gaery.

Thinkstock Alih-alih membawa pasangan bermalam minggu di bioskop atau rumah mertua, sekali waktu rencanakanlah liburan romantis berdua.

Perhatikan online travel agent (OTA)

Setiap OTA-nya biasanya memiliki tawaran promo tiket-tiket pesawat yang berbeda. Jelang akhir tahun, sebaiknya Anda mulai memperhatikan OTA yang menawarkan tiket-tiket pesawat.

Pilih penerbangan setelah pukul 14.00.

Gaery mengatakan, jam keberangkatan juga turut memengaruhi harga tiket pesawat. Penerbangan setelah pukul dua atau tiga siang biasanya cenderung lebih murah.

Menurut dia, tiket penerbangan biasa dijual mahal seperti pada pagi hari seperti pukul 09.00. Ia berpendapat, hal itu karena orang-orang ingin pergi pada waktu tersebut.

Pilih waktu kerja

Selain waktu yang terbilang sore, penerbangan saat hari kerja atau weekdays umumnya menawarkan harga yang lebih murah.

Gaery menyebutkan, maskapai biasanya memberikan harga yang tinggi pada akhir pekan. Menurut dia, pada akhir pekan biasanya permintaan tiket pesawat tinggi sehingga harga menjadi lebih mahal.

THINKSTOCKPHOTOS Menghindari perkerjaan menumpuk saat kembali dari cuti, lebih baik rencanakan waktu liburan sebaik-baiknya.

Booking secepat mungkin

Jangan menunggu lagi untuk memesan tiket pesawat. Menurut Gaery, semakin dekat dengan hari keberangkatan, harga tiket pesawat akan semakin mahal.

Beli secara terpisah

Jika ingin liburan akhir tahun bersama keluarga, ada baiknya Anda membeli tiket pesawat secara terpisah. Gaery menjelaskan, satu orang biasanya hanya diberikan maksimal dua kuota tiket murah. 

“Kalau beli rombongan pasti lebih mahal. Saya yakin. Kalau beli tiket pesawat sendiri-sendiri lebih murah. Kalau bicara pesawat itu kan ada yang namanya kelas tiket. Airlines itu biasanya menghabiskan yang murah terlebih dulu,” kata Gaery.

Ia melanjutkan, jika ingin membeli tiket maksimal dua orang sekali pemesanan, kemungkinan mendapatkan kelas tiket bawah akan lebih besar. Sementara kalau membeli secara bersamaan, jatah tiket pesawat kelas bawah tak didapatkan.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/25/061000827/tips.dapat.tiket.pesawat.murah.untuk.liburan.akhir.tahun

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>