Waspada, Penipuan Berkedok Aktivasi “Video Call” WhatsApp

KOMPAS.com – WhatsApp telah resmi merilis fitur panggilan video (video call) yang bisa dipakai oleh para pengguna layanan pesan instannya. Hal itu ternyata dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab sebagai kamuflase untuk menyebarkan pesan bernada penipuan.

KompasTekno menjumpai pesan semacam ini beredar lewat WhatsApp, Kamis (17/11/2016). Kedok yang digunakan adalah iming-iming mengaktivasi fitur video call.

“Anda diundang untuk mencoba fitur Video Call Whatsapp,” bunyi pesan tersebut, disertai tautan “aktivasi” dan klaim bahwa hanya pengguna terpilih yang bisa coba menjajal fitur dimaksud.

WhatsApp Dua pesan bernada penipuan yang menggunakan kedok fitur video call dan iming-iming hadiah ulang tahun WhatsApp.

Padahal, WhatsApp tidak memberi syarat apapun untuk mengaktifkan video call. Pengguna bisa mengakses video call hanya dengan beberapa langkah mudah seperti dijelaskan dalam artikel di bawah.

Baca: Begini Cara Pakai “Video Call” di WhatsApp

Ketika tautan dalam pesan mencurigakan itu coba dikunjungi oleh KompasTekno, peramban memberikan peringatan bahwa alamat tujuan adalah situs berbahaya yang bisa digunakan hacker untuk menyerang perangkat.

Akses pun diblokir oleh browser sehingga memperkuat dugaan bahwa pesan beriming-iming aktivasi voice all tersebut tak lain merupakan scam dengan tujuan jahat.

Kedok berbeda, hadiah ulang tahun ke-10 WhatsApp

Di samping itu, ada juga pesan lain bernada sama yang menggunakan kedok berbeda, yakni menjanjikan hadiah dalam rangka “ulang tahun ke-10” WhatsApp.

Laman web yang dituju oleh tautan dalam pesan ini berisi tampilan yang meniru WhatsApp, berikut sebuah roda keberuntungan dan testimoni (diduga palsu) para pengguna yang sudah mendapakan “hadiah”.

Deliusno/ KOMPAS.com Browser menampilkan peringatan ketika KompasTekno coba mengakses tautan dalam pesan bernada penipuan dengan kedok aktivasi fitur voice call WhatsApp.

Berapa kali dicoba, roda keberuntungan selalu mengarah kepada hadiah berupa iPhone 7. Lalu situs berupaya mengarahkan pengguna untuk menyebarluaskan pesan sambil melakukan langkah lebih lanjut.

Selain menyebarkan pesan secara berantai, tak jelas apa yang bakal dilakukan terhadap pengguna yang termakan pesan bernada penipuan dengan iming-iming hadiah itu.

Alamat URL dalam dua pesan di atas bukanlah milik situs resmi WhatsApp yang beralamat di www.whatsapp.com. Agar tak terjebak, berhati-hatilah dan cermati lebih dulu sebelum mengklik tautan dalam pesan yang beredar.

 Baca: Langkah Kedua untuk Amankan Akun WhatsApp

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Pesan bernada penipuan dengan iming-iming hadiah ulang tahun WhatsApp berusaha mengajak pengguna agar menyebarluaskan pesan tersebut.

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/11/17/14510087/waspada.penipuan.berkedok.aktivasi.video.call.whatsapp

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>